Yakhsyallah Mansur: 10 Langkah Wujudkan Kesatuan Umat sebagai Implementasi Empat Pilar Kebangsaan

Muhajirun – Ketua Pembina Sekolah Tinggi Shuffah al-Quran Abdullah Bin Masud (SQABM), Imaam Yakhsyallah Mansur mengatakan setidaknya ada sepuluh langkah untuk mewujudkan kesatuan umat sebagai implementasi empat pilar kebangsaan.

Hal itu disampaikan oleh Yakhsyallah saat memberikan keynote speaker dalam acara Kuliah Umum Sekolah Tinggi Shuffah al-Quran bersama wakil ketua MPR RI, Ahmad Muzani, bertema “Membedah tuntas empat pilar kebangsaan dalam perspektif NKRI warisan berharga para Ulama dan Syuhada”, pada Senin (25/2).

“Untuk dapat terwujudnya kesatuan dan persatuan dalam Quran Surat Assyura ayat 15 menyebutkan yang harus dilakukan adalah dakwah atau menyampaikan,” katanya.

Langkah kedua adalah istiqomah, Ketiga, tidak mengikuti hawa nafsu atau berbuat semaunya sendiri tanpa mengindahkan aturan yang berlaku.

Keempat menurutnya beriman kepada apa yang diturunkan Allah berupa al-Quran sebagai pedoman hidup dalam keseharian kita.

Kemudian kelima, agar manusia bisa berlaku adil kepada sesamanya tidak memandang suku, agama, ras, dan jabatan.

Ketua Pembina Ponpes al-Fatah itu melanjutkan, keenam langkah selanjutnya adalah mengakui Allah sebagai Tuhannya, penciptanya yang mengatur segala sesuatu yang ada di dunia ini

Ketujuh, meningkatkan dan memaksimalkan kinerja.

Kedelapan, hindari perdebatan karena melakukan sesuatu yang lebih baik merupakan anjuran dan sunah dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Melakukan sesuatu yang nyata itu lebih baik dari pada memperdebatkan sesuatu atau hanya omong saja,” tegasnya.

Kesembilan, berkumpul atau berjamaah. Dia menyebutkan, Allah akan mengumpulkan dan menyatukan kita kelak di akhirat, maka sejak di dunia sebaiknya umat Islam harus bersatu, agar Allah menyatukan kita kelak.

“Dengan berjamaah rahmat turun, dan berpecah belah Allah akan menurunkan azab,” tambahnya.

Kesepuluh, hanya kepada Allah tempat kita kembali.

Share

Leave comment