Visi
Misi
Tujuan Pendirian

Sejarah Pendirian

1975

Muhajirun

Masyarakat dari berbagai daerah di wilayah Lampung seperti Prengsewu, Sumber Agung, Pagelaran memiliki kesamaan tekad untuk membangun sebuah kampung bernuansa Islami. Mereka bersepakat membeli lahan seluas 80 hektar di Dusun Negararatu, kemudian pindah dan menetap. Berpindahnya mereka itulah yang melatarbelakangi pengambilan nama 'Muhajirun' yang berarti orang-orang yang berhijrah.
1976

Pesantren Al-Fatah

Dimotivasi oleh kebutuhan dan tanggung jawab untuk mewujudkan Dzurriyatun Thoyyibah (generasi muslim yang baik) maka diperlukan pusat pendidikan bagi anak-anak yang bermukim di Desa Muhajirun. Pada 1976, Pondok Pesantren Al-Fatah mulai dirintis. Diantara pendirinya adalah KH. Saefuddin Marzuki Adjukarsa, KH.M. Damiri Bin Tholib, KH. Abdul Hidayat Saerodji, KH.M. Hasyim Halimi, dan Ahmad Jazuli.
1986

Konsep Pembelajaran

Pada mulanya, bentuk pendidikan menerapkan pengajaran salafilah yang bersifat tradisional dengan masjid sebagai pusat kegiatannya. Lalu, pada tahun 1986 diterapkan pengajaran klasikal program 5 tahun dengan nama “Al-Wustho” dan madrasah sebagai tempat kegiatan belajar dan mengajar.
1993

Madrasah Al-Fatah

Seiring perkembangan dunia pendidikan yang menuntut adanya penyesuaian sistem pengelolaan, maka dilakukan evaluasi dan langkah-langkah penyempurnaan status lembaga dari pesantren tradisional ke pesantren modern. Keberadaan pesantren pun didaftarkan di Kementrian Agama RI sehingga bisa diakui untuk para lulusannya guna melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Sejak itulah, Pondok Pesantren Islam Shuffah Hizbullah melengkapi namanya menjadi Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah.
2004

Halaqoh Diniyah

Untuk lebih memperkuat sisi keislaman di pesantren, maka di buka program Halaqoh Diniyah dengan tujuan mencetak lulusan yang spesialis di bidang ilmu-ilmu keislaman.
2005

Program Khusus Tahfidz Al-Quran

Program khusus Tahfidz Al-Qur’an didirikan bertujuan untuk mencetak lulusan yang tidak hanya Hafal Al-Qur’an 30 Juz juga mampu mengamalkan kandungannya serta mengajarkan Al-Qur’an.
2010

Pembukaan Lembaga Bahasa

Lembaga Bahasa Al-Fatah bertujuan untuk mencetak lulusan yang selain memahami Islam dan Teknologi juga memiliki kemampuan lebih di bidang Bahasa Arab dan Inggris.
2015

Grand Launching SQABM

Termotivasi dengan tuntutan dan keperluan besar dalam mengikuti perkembangan dan kemajuan strategis di era global, dibutuhkan adanya ketersediaan SDM yang terintegrasi dan berdaya saing secara nasional maupun internasional sebagai hasil dari pendidikan tinggi yang berkualitas, responsif, adaptif, dan berakhlaqul karimah dan terjangkau, maka berdirilah SQABM Online. Tepat pada 10 Muharram 1435 H/ 19 Nopember 2013 M, Shuffah al-Quran Abdullah Bin Mas'ud diresmikan.
2017

Mendapat Izin KEMENAG

Pendirian Shuffah Al-Qur'an Abdullah bin Mas'ud telah mendapatkan izin dari dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Islam, Pof. Dr. Kamaruddin Amin kepada Dr.Lili Sholehuddin pada acara Penyerahan Surat Ijin Pendirian Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Hotel Grand Mercure, Jakarta.

DASAR PENDIRIAN

Pendirian Sekolah Tinggi Shuffah al-Qur’an Abdullah bin Mas’ud Online (ST SQABM) didasari oleh beberapa ayat dan hadits : 

 

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ  وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ         

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.(QS : Al-Baqarah : 121)

 

 يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ                       

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS : Yunus : 57)

 

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS : Al-Hijr : 09)

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam” (Surat al Anbiya’ : 107)

 

                                 كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ                                                         

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran”. (QS: Shaad Ayat: 29)

Dalam beberapa hadis, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

عَنْ عُثْمَان رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ :خَيْرُكُم مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ - رواه البخاري والترمذي

Usman bin Affan Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari dan Tirmidzi)

 

عَنِ ابْنِ عَبَّا سٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم - : " إِنَّ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخَرْبِ “ رَوَاهُ التِّرْمِذِي والدَّارَمِي      

Dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang di dalam hatinya tidak ada al-Qur’an bagaikan rumah yang runtuh” (HR. Tirmidzi dan Darimi)

Logo Resmi

  • ST SQABM Online beraqidah Islam yang bersumberkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
  • Lambang / Logo SQABM Online adalah  berbentuk segi  lima,  bertuliskan:
  1. Segi lima dengan warna merah
  2. Warna dasar hijau
  3. Tulisan Shuffah Al-Quran melingkar di bagian atas berwarna putih
  4. Tulisan Online di bawah gambar Al-Quran berwarna putih
  5. Tulisan Abdullah bin Masud melingkar di bawah tulisan online berwarna putih
  6. Tulisan arab melingkar di bagian atas dalam berwarna putih
  7. Ilustrasi gambar kubah berwarna putih
  8. Ilustrasi gambar Al-Qur’an berwarna putih
  • Arti warna :
  1. Merah : Semangat Jihad fi sabilillah.
  2. Hijau   : Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin
  3. Putih   : Kesucian dan ikhlas lillahi Ta’ala