SQABM Lepas Mahasiswa Ikuti Kejurnas Perti di Solo

Lampung – Sekolah Tinggi Shuffah Al-Quran Abdullah Bin Mas’ud (SQABM) melepas atlet pencak silat untuk mengikuti Kejuaraan Nasional Antar Perguruan Tinggi (Perti) di Solo, Rabu (21/11).

Pelepasan yang dihadiri oleh rektor, staf dan mahasiswa tersebut dilaksanakan di lantai 2 Masjid Nubuwwah, Muhajirun, Lampung.

Rektor SQABM, Dudin Sobaruddin mengatakan kemenangan bukan menjadi tujuan utama, tapi olahraga merupakan sebuah sunnah yang harus kita jalankan.

“Bahwa olah raga adalah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah, termasuk Bela Diri Pencak silat ini, adapun menang adalah bonus,” kata Dudin.

Setidaknya ada tiga olah raga, kata Dudin yang dianjurkan Rasulullah kepada umatnya yaitu berkuda, berenang dan memanah.

Allah sangat menyukai Muslim yang kuat daripada yang lemah, hal itu diperjelas dalam firmannya surat Al-Anfal ayat 60.

Sementara itu, Heni Nurhasanah mengatakan SQABM akan mengirim dua atlet terbaik yang akan mengharumkan nama ‘Kampus Sahabat Rasulullah’ tersebut.

“Kita kirim dua atlet terbaik yang mereka sudah terbiasa mengikuti kejuaraan baik tingkat daerah maupun tingkat nasional,” kata Heni.

Atlet SQABM dilepas untuk memperebutkan piala piala Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), pada acara yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) pada 24 November – 1 Desember 2018 di Solo.

Kejuaraan Nasional Antar Perguruan Tinggi (Perti) merupakan agenda rutin yang diadakan dua tahun sekali dan pada kesempatan ini Universitas Sebelas Maret menjadi tuan rumah.

Kegiatan yang mengambil tema “Raih prestasi dengan semangat sportifitas melalui pencak silat sebagai jati diri bangsa”, bertujuan untuk menjalin persahabatan serta mempererat tali silaturahmi antar perguruan tinggi se-Indonesia.

Share

Leave comment